Tentang Pengabdian Masyarakat

HIMTI Mengajar atau lebih disingkat dengan HIMJAR merupakan sebuah wadah program pengabdian terhadap masyarakat dibawah naungan HIMTI UNAS dimana untuk mengabdi kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan, karena dalam membangun sebuah masyarakat dibutuhkan proses yang panjang. Banyak aspek yang harus disentuh untuk menjadikan suatu masyarakat itu baik, karakternya, budayanya, sampai pola pikirnya juga harus kita sentuh untuk benar-benar menciptakan sebuah masyarakat yang beradab.

Untuk itu dalam kontribusi kami kepada masyarakat melalui ilmu dan kemampuan yang dimiliki selama mengenyam pendidikan diperguruan tinggi.

Sehingga program HIMTI Mengajar ini salah satu dari kegiatan Himpunan Mahasiswa Informatika yang ada dalam divisi Pemberdayaan Mahasiswa.

Dengan segala potensi, kreativitas dan kepemimpinan yang tinggi kami mempunyai peran penting dalam pengabdian masyarakat.

Seperti merancang gerakan bagi mereka yang kurang paham tentang Pendidikan. Disana kami mengajari betapa pentingnya Pendidikan dalam kehidupan kelak. Kami mengajar anak-anak yang masih belum sekolah, dari anak-anak yang masih duduk di bangku kelas 1 SD – 6 SD, bahkan sampai anak-anak yang sudah putus sekolah.

Untuk hal itulah kami di dalam program ini berupaya keras dan membangun peradaban yang lebih maju dengan pengabdian melalui pemberdayaan masyarakat.

Program ini juga untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di wilayah terkait, bukan  program yang dibuat dari persepsi Mahasiswa. Adapun program yang dibuat bisa berkaitan dengan masalah lingkungan, sosial, ekonomi, dan politik yang terjadi di daerah terkait. Dengan pengabdian melalui pemberdayaan masyarakat sebagai awalannya karena pengabdian merupakan salah satu Tri Dharma perguruan tinggi dan sudah merupakan kewajiban bagi kaum akademik untuk memenuhinya. Selain itu, tuntutan akal dan etika juga akan membuat mahasiswa sadar akan kewajibannya sebagai seorang intelek.

Sehingga memperluas jaringan bagi Mahasiswa, melatih menggunakan ilmu yang didapatkan dibangku perkuliahan, hingga mencetak tinta biru jasa Mahasiswa di lingkungan masyarakat dan menciptakan sebuah pengabdian yang mempu menciptakan sejuta manfaat untuk masyarakat.